Tuesday, October 4, 2011

Mengulik 'Kutukan' Di Balik Bad Hair Day

 

Rambut kusut dan sulit diatur bisa merusak penampilan dan suasana hati. Bad hair day bukan monopoli orang biasa, bahkan dirasakan para artis yang akrab dengan perawatan rambut intensif.

Supermodel Claudia Schiffer dan bintang 'Twilight' Kristen Stewart adalah beberapa nama tersohor yang memiliki rambut yang sangat sulit diatur dan kerap kusut dan berdiri seperti ijuk.

Seolah memiliki keinginan sendiri, rambut seperti melawan arus dan tak sesuai dengan ulir jatuhnya rambut. Jadi yang tampak, rambut seperti memiliki jambul yang mengurangi keindahan tatanan rambut.

Dr Orr Barak, dermatolog di Tufts Medical Center di Boston mengatakan, idealnya, rambut memiliki alur tumbuh, baik di kepala bagian depan, samping dan belakang. Rambut yang kaku dan berdiri umumnya tumbuh berlawanan arah dengan arah pertumbuhan rambut. Sehingga menyulitkan saat menata rambut dan membuatnya lebih mudah berantakan.

Pola pusaran di puncak kepala juga memengaruhi kemungkinan rambut yang cepat kusut. Sebagian besar orang memiliki satu pusaran sementara sebagian lainnya memiliki dua pusaran.

Menurut Barak, "pusaran di kepala terbentuk sejak awal kehidupan dalam rahim. Umumnya rambut kusut lebih banyak terjadi pada wanita sebab kebanyakan pria memiliki rambut pendek. Pemilik rambut lurus lebih mungkin mengalami kusut ketimbang mereka dengan rambut keriting," ujarnya kepada MSNBC.

Studi pakar ilmu genetika Amar Klar menemukan ada kaitan kidal dan arah pusaran rambut. Pada orang yang dominan tangan kanan, 90 persen diantaranya memiliki rotasi searah jarum jam,  sementara  10 persen memiliki arah yang berlawanan.

Klar mengatakan orang yang bertangan kidal lebih cenderung memiliki ulir rambut yang berlawanan arah jarum jam. Sebanyak 50 persen orang yang kidal memiliki pola ulir berlawanan arah dengan jarum jam. Menariknya, studi 2004 yang melibatkan 600 pria juga menemukan bahwa sekitar 30 persen dari pria gay memiliki rotasi berlawanan pada lingkaran di kepala mereka dibandingkan dengan hanya 9 persen terlihat pada populasi pada umumnya. Untuk meringankan bad hair day, gunakan berbagai perawatan dan kosmetika.


Komentar Facebook:


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl